Podcast Majukan Industri Konten Audio Yang Kian Populer

COTEKNO.COM: Podcast Majukan Industri Konten Audio Yang Kian Populer. Popularitas PodCast atau konten audio tidak hanya terasa di ibukota, tetapi juga di berbagai daerah di Indonesia, termasuk Yogyakarta yang sedang ramai di bahas disana.

Data layanan audio streaming mencatat Noice, Yogyakarta sebagai salah satu dari 5 kota dengan pendengar podcast terbanyak di platform tersebut dengan lebih dari 336,000 pengguna hingga saat ini berasal dari Yogyakarta.

Niken Sasmaya, Chief Business Officer (CBO) NOICE, mengatakan kalangan pendengar konten audio yang didominasi oleh generasi millenial dan Gen-Z ini tidak hanya memanfaatkan podcast untuk mencari hiburan, tetapi juga sebagai sumber informasi mengenai topik atau tren terkini.

Podcast Majukan Industri Konten Audio Yang Kian Populer

Geliat positif industri kreatif di Yogyakarta pun mendorong Noice untuk turut merangkul konten kreator serta insan kreatif di kota tersebut untuk bisa berkarya serta memaksimalkan potensi mereka di industri konten audio.

Noice hadir sebagai platform yang menghadirkan multi-vertikal konten audio mulai podcast, radio, audiobook hingga live audio.

“Berfokus untuk menghadirkan konten bercita rasa lokal hingga hyperlokal, Noice memberikan dukungan bagi konten kreator di berbagai daerah untuk berkarya sebagai podcaster dengan menciptakan konten dalam topik yang relevan serta dibawakan dengan dialek khas daerah setempat. Keunikan ini membawa Noice menjadi platform konten audio streaming dengan jaringan podcast terbesar di Indonesia, yang telah menyajikan lebih dari 100 konten original dan eksklusif,”ujar Niken.

Hingga saat ini, menurut Niken, Noice telah menggandeng lebih dari 300 konten kreator se-Indonesia untuk menghadirkan konten podcast di platform tersebut dengan total lebih dari 20.000 episode podcast yang telah mengudara.

Genre konten audio yang dihadirkan pun beragam dari mulai komedi, horror, parenting, hobi, religi, dan banyak lainnya.

Di sisi lain, podcast dan konten audio kian digandrungi oleh para kreator karena produksinya yang mudah, tidak memerlukan peralatan rumit. Berkarya di ranah audio juga bisa menjadi pilihan bagi mereka yang masih malu untuk tampil di depan layar.

Bagi pendengar, konten audio juga menarik karena bisa dinikmati secara fleksibel sambil multi-tasking, saat sedang berkendara, bekerja, belajar, melakukan pekerjaan rumah, serta kegiatan lainnya tanpa perlu melihat layar atau yang kita sebut sebagai screenless moment.

Para konten kreator juga dapat memanfaatkan Noice Live sebagai fitur live audio terbaru dari Noice dalam membangun komunitas pendengar mereka dengan cara yang berbeda.

Di Noice Live, kreator bisa berinteraksi langsung dengan pendengar melalui kolom komentar dan bahkan bisa diangkat sebagai pembicara dan mengobrol langsung dengan kreator favorit.

Thomas Raditya VP of Content, Noice, menuturkan Noice Live, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement antara kreator dan pengguna serta memungkinkan kreator untuk melakukan monetisasi.

Para konten kreator juga didukung dari segi coaching dan mentoring untuk mengembangkan kualitas podcastnya, peluang kolaborasi dengan podcaster berbakat lainnya serta dari sisi promosi untuk bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

Dengan berbagai kemudahan ini, kami berharap bisa merangkul lebih banyak lagi konten kreator di Yogyakarta untuk bisa sukses berkarya di industri konten audio dengan dukungan dari Noice. Mereka bisa membangun komunitasnya dan menjangkau pendengar yang lebih luas tidak hanya di Yogyakarta saja, tapi hingga ke seluruh Indonesia”. Ujar Thomas.

Yusril Fahriza, host podcast Noice Original Cerita Kampung Halaman menambahkan media podcast atau konten audio merupakan wadah yang tepat bagi kreator untuk berkarya menyampaikan cerita-cerita menarik dan unik tentang Jogja.

Mendengarkan podcast rasanya seperti menjadi bagian dari obrolan seru bersama teman. Hal ini membuat kreator merasa lebih dekat dengan para pendengar Cerita Kampung Halaman yang tidak hanya berada di Jogja, tapi juga di berbagai daerah di Indonesia.

“Dukungan dari Noice sejauh ini sangat bermanfaat bagi kami dari segi pengembangan konten hingga promosi ke publik secara umum. Diharapkan kedepannya bisa lebih banyak lagi konten kreator asal Jogja yang bergabung di Noice untuk menceritakan indah dan serunya kota ini lewat podcast atau format konten audio lainnya,” jelas Yusril.

Baca Juga: Rekomendasi 8 Hadiah Menarik Sambut Hari Ibu Nasional Mendatang !

Cerita Kampung Halaman merupakan podcast original Noice yang dibawakan oleh Yusril Fahriza dan Candra Mukti. Podcast ini mengangkat segala cerita unik seputar kota Yogyakarta. Sejak bergabung pada Juli 2021 lalu, Cerita Kampung Halaman kini telah memiliki lebih dari 5.300 pendengar setia dan 18 episode yang telah mengudara.

Gaya bercerita yang begitu khas menggunakan dialek dan bahasa Jawa Jogja-Solo seolah mengajak pendengar untuk ikut bertualang menjelajah sejumlah tempat-tempat seru di Yogyakarta.

Insert code: <i rel="code">Put code here</i> or <i rel="pre">Put code here</i>
Insert image: <i rel="image">Put Url/Link here</i>
Insert title: <b rel="h3">Your title.</b>
Insert blockquote: <b rel="quote">Put text here</b>
Bold font: <b>Put text here</b>
Italics: <i>Put text here</i>

0 Komentar

Type above and press Enter to search.